Jumat, 05 Oktober 2012

Cara Membuat Yakitori

Yakitori
Kali ini kita akan membuat menu masakan Jepang yaitu Yakitori. Yakitori adalah resep masakan ayam yang ditusuk seperti sate dan dibumbui khas Jepang. Tusukan Yakitori biasanya disusun dengan daun bawang dan jamur shiitake, dan biasanya satu tusukan Yakitori hanya menggunakan satu jenis bagian dari ayam. Uniknya yang memasak Yakitori di Jepang biasa disebut dengan Yakitoriya. Cara membuat masakan Jepang yang satu ini cukup simpel bukan? Apakah anda ingin mencoba menu makanan Jepang yang satu ini?

Bahan Yakitori:
10 paha ayam, ambil tulangnya dengan kulit tetap utuh, potong-potong dadu 2 cm
10 batang daun bawang atau perei kecil, belah dua memanjang, lalu potong melintang 1 cm
4 jamur shiitake segar atau jamur putih, potong dadu 1 cm
4 paprika kuning atau merah, buang tengah dan bijinya, potong dadu 1 cm
7 rempah Jepang atau merica hitam tumbuk

Bahan Saus Yakitori:
500 ml kecap asin
250 ml kaldu ayam
256 ml sake (atau vodka)
250 ml mirin (anggur beras manis)
100 g gula

Cara Membuat Yakitori:
1. Untuk membuat saus, masukkan semua bahan saus ke dalam panci. Didihkan selama 15 menit sampai airnya berkurang sepertiganya. Angkat dari api, biarkan, dinginkan dalam lemari pendingin sampai siap digunakan (tidak lebih dari 2 hari). Tuangkan setengah larutan ke dalam mangkuk celup dan simpan sisanya.
2. Tusuk ayam dan sayuran dengan tusuk sate. Sebagai menu utama, setiap tusuk berisi 5 iris bahan. Namun, sebagai makanan ringan, saya sarankan seiris ayam, daun bawang atau perei, jamur, dan paprika. Sisakan sedikit ruang di antara tiap irisan supaya matang seluruhnya.
3. Bakar di atas panggangan yang sangat panas. Seringlah membalik yakitori sampai sarinya keluar ke permukaan. Lumuri dengan saus yakitori (yang sudah dibuat sebelumnya) dan teruskan membakar selama 5-10 menit, sampai daging ayamnya matang.
4. Lumuri sekali lagi dengan saus yakitori dan sajikan pada piring. Taburi dengan 7 -rempah Jepang atau merica hitam. Taruh mangkuk saus celup di sebelahnya.

Catatan: Resep Yakitori ini hanya untuk untuk 30 porsi

Semoga Bermanfaat......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar